LIGA1PES

Apakah Vainglory Sudah Memiliki Wadah Kompetitif Profesional yang Baik?

Sejak diluncurkan, Super Evil Megacorp selalu berusaha mengembangkan wadah kompetitif profesional bagi Vainglory di seluruh dunia. Apakah sudah menjadi yang terbaik, atau akan bertransformasi lagi?

Sebagai salah satu permainan gawai pintar paling berkembang, Vainglory telah mampu mengumpulkan semangat dari para pemainnya untuk berkompetisi satu dengan yang lain. Pengembangan wadah kompetitif profesional Vainglory pun selalu menjadi sorotan utama bagi Super Evil Megacorp – tentu untuk memberikan yang terbaik bagi para pemainnya.

Sumber : Facebook Vainglory Game

 

Tahun 2017 ditutup dengan gelaran megah 2017 Vainglory Worlds Championship – menjadi puncak seluruh turnamen Vainglory di tahun tersebut. Dua belas tim dari enam region beradu kekuatan untuk menjadi yang terbaik dan meraih titel tim Vainglory terbaik dunia. Turnamen tersebut pun diakhiri dengan menjadi juaranya Tribe, salah satu perwakilan dari region Amerika Utara.

Sumber : Facebook Vainglory Game

Dengan kurang lebih telah berjalan 3 tahun lebih, Super Evil Megacorp telah menunjukkan bahwa mereka sangat serius dalam mengembangkan wadah kompetitif profesional Vainglory untuk dapat memberikan yang terbaik – bagi pemain, orang-orang yang terlibat, dan penggemar. Namun dengan perjalanan mereka, apakah Vainglory sudah memiliki wadah kompetitif profesional yang terbaik?

Sebagai salah satu permainan yang sudah diakui sebagai cabang Esports, tentunya Vainglory bukan lagi menghadapi persaingan mengenai jumlah pemain mereka dengan permainan gawai pintar lainnya – persaingan yang mereka hadapi adalah bagaimana mereka bisa beradu gengsi dengan cabang Esports lainnya.

Sumber : Facebook Vainglory Game

Adu gengsi ini punya banyak elemen – bagaimana permainannya bisa dinikmati oleh penonton? Bagaimana kualitas pemainnya dalam menyuguhkan permainannya? Bagaimana tingkat kompetisinya – terbuka bagi seluruh pemain yang ingin mencoba atau hanya sekedar yang dipilih? Sudahkah kompetisinya memberikan berbagai macam hal yang penting bagi para pemain maupun penggemarnya?

Dari segi wadah kompetitif profesional Vainglory, Super Evil Megacorp tampak telah menemukan pakemnya untuk sebagian besar regionnya – Kompetisi profesional tertingginya terbatas bagi delapan tim dengan nama Vainglory8, dimana sebagian tim setiap musimnya bisa digantikan oleh tim lain yang lolos dari Challengger Series. Untuk musim Spring dan Summer, juara setiap Vainglory8 di tiap region akan mendapatkan tiket bertanding di Vainglory Worlds Championship.

Pertanyaannya, apakah hal tersebut sudah menjadi yang terbaik? Dari sisi kompetisi profesional, apa yang dilakukan Super Evil Megacorp tak jauh berbeda dengan yang dilakukan Riot Games untuk cabang League of Legends – apalagi karena kesamaan sistem region mereka. Bedanya, Riot Games menganugerahkan poin sesuai dengan hasil tim untuk menuju turnamen dunia. Sebagai contoh, tim yang selama dua musim dalam satu tahun mengakhiri liga region di peringkat kedua, akan punya kans lolos lebih besar ke turnamen dunia ketimbang tim yang juara di musim pertama namun berperingkat enam di musim berikutnya.

Sumber : Facebook Vainglory Game

Super Evil Megacorp dan Riot Games juga berbeda jalan dari sisi liganya berjalan – Vainglory menggunakan sistem Single Elimination Bracket di setiap minggu liga yang hasilnya akan berpengaruh ke poin yang didapat tim peserta, sedangkan League of Legends menggunakan sistem Double Round Robin dimana poin yang didapat adalah hasil pertemuan satu tim dengan seluruh tim peserta lainnya selama satu musim penuh.

Dari hal tersebut, sebenarnya Vainglory8 memiliki konsep unik yang berbeda dengan cabang Esports lainnya – tim “dipaksa” bermain di level tertingginya di setiap minggu agar bisa meraih poin besar. Di satu sisi, hal ini membuat Vainglory8 mendapat sajian tontonan yang unik – apalagi dengan dinamika performa yang bisa selalu berubah tiap minggunya. Di sisi lainnya, faktor “untung-untungan” sangat menentukan hasil tim karena sistem Single Elimination Bracket Vainglory8 akan mempertemuka seluruh tim di delapan besar secara acak.

Sumber : Facebook Vainglory Game

Memang, setiap hal yang ada tentu memiliki plus minus yang pastinya akan terjadi. Kalau dibilang wadah kompetitif profesional Vainglory telah menjadi yang terbaik, mungkin belum – tentu masih banyak pengembangan yang bisa dilakukan. Namun bukan berarti jelek juga, karena kenyataannya Vainglory8 tetap menjadi sesuatu yang menarik ditonton tiap musimnya. Penonton tertarik dengan sistem turnamennya, pemain profesional pun juga berlomba-lomba memberikan permainan terbaik mereka untuk menjadi yang nomor satu.

Di musim 2018 nanti memang belum ada pengumuman lebih lanjut dari Super Evil Megacorp tentang bagaimana sistem kompetisi Vainglory, dengan menggunakan sistem yang sama atau tidak – mengingat tampaknya 5v5 akan menjadi mode yang dipertandingkan. Kalau menurut kamu, apakah wadah kompetitif profesional Vainglory sudah memberikan yang terbaik?

Hiruma

Esports Enthusiast, Game Connoisseurs.

Penikmat berbagai macam genre game, terutama yang berupa RPG – online maupun offline. Keranjingan juga dengan beberapa arcade game bertipe Ryhthm Game, juga pemain-yang-lebih-cocok-jadi-pelatih/manager di berbagai game dengan genre MOBA dan RTS. Bisa menguras emosi bagi setiap lawan (dan kawan) dalam berbagai macam Boardgames.

2 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: