LIGA1PES

Mengejutkan, officialhein Putuskan untuk Pensiun Dari Kancah Kompetitif

Di hari terakhir 2017 lalu, Heinrich “officialhein” Ramli membuat pengumuman yang mengejutkan – dia menyatakan dia tidak akan bermain kompetitif lagi di tahun 2018! Kenapa ya?

Di hari terakhir dari tahun 2017 yang lalu, banyak teman-teman dan sanak saudara kita yang pasti menulis ucapan terima kasih atas pengalaman dan perjalanan mereka di tahun 2017. Hal ini juga dilakukan oleh officialhein, CEO dari ELITE8 eSports yang juga pemain aktif dari tim Vainglory organisasi tersebut.

Melalui laman Facebook pribadinya, officialhein yang bernama asli Heinrich Ramli menceritakan pengalaman dan perjalanannya dalam membentuk ELITE8 eSports di awal tahun 2017 dari nol sampai satu pengumuman yang tentunya mengejutkan banyak pihak – pengumuman bahwa dirinya tidak akan bermain kompetitif lagi mulai tahun 2018 mendatang.

Ketika pertama kali saya memulai E8, saya tidak pernah kepikiran akan menjadi salah satu tim esports terbaik di Indonesia, tapi 2017 sudah sangat baik dengan saya. Siapa yang sangka tim yang didasari oleh esports mobile bisa mendapatkan sponsor dari Telkomsel perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Saya sudah bertemu dengan banyak orang dari belahan dunia dan merasakan apa yang dimimpi-mimpikan oleh para atusias esports. Membangun organisasi esports dari nol dan tanpa pengetahuan dan pengalaman apapun sangatlah menantang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kakak saya Yosep Holim yang sudah membantu saya sejak awal tanpa mengharapkan sesuatu. Ucapan terima kasih khusus untuk SEMC Akane Yoshizaki dan Ko Sofian TDP yang sudah sangat berbaik hati membantu E8. Juga kepada sponsor kami Good Day Coffee, Logitech dan DXRacer.

2018 akan menjadi tahun yang sangat seru karena kami baru saja mendapatkan pendanaan dari investor, jadi saya juga akan mengumumkan pengunduran diri saya sebagai pemain kompetitif. Ini bukan keputusan yang mudah untuk memilih antara mimpi dan tanggung jawab. Saya mungkin atau tidak mungkin kembali lagi bermain kompetitid tetapi saya yakin saya meninggalkan divisi Vainglory E8 ke pemain yang lebih baik.

Pengumuman ini tentunya menjadi sesuatu yang mengejutkan bagi penggemar tim Vainglory ELITE8 eSports. Pasalnya, pria kelahiran kota Medan yang masih berumur sangat muda di usia 19 tahun ini sudah menuai banyak prestasi sebagai pemain sekaligus pemilik ELITE8 eSports selama tahun 2017 kemarin.

 

Sebagai pemain yang berposisi Perimba/Jungler, dia telah berhasil membawa divisi Vainglory ELITE8 eSports menjadi tim nomor satu di Indonesia dan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Di sisi lain, sebagai pemilik dia telah sukses membawa nama ELITE8 eSports menjadi salah satu tim Esports terbaik di Indonesia – apalagi ELITE8 eSports merupakan organisasi Esports pertama di Indonesia yang disponsori oleh produk sekelas Good Day dan Telkomsel.

Awal Mula Heinrich “officialhein” Ramli

Heinrich “officialhein” Ramli memulai debut kompetitifnya di dunia Vainglory saat dia sedang menjalani kuliah di Singapura tahun 2016 – tepatnya di bulan Maret. Meskipun baru mulai, tim Suit and Tie yang digawanginya saat itu berhasil menjadi tim Vainglory nomor wahid di Singapura setelah menjadi juara turnamen Shiversteel Vainglory League.

Tim Suit and Tie yang beranggotakan officialhein dan iangryoudie. (Sumber: Facebook Heinrich Ramli)

Selang beberapa saat setelah menjadi juara dan menasbihkan diri sebagai yang terbaik di Singapura, officialhein dan kawan-kawan secara mengejutkan diakuisisi oleh tim juara dunia VIPL Ardent Esports untuk menjadi wakil mereka di region Asia Tenggara. Suit and Tie pun berganti nama menjadi Ardent Alligiant.

Dengan nama baru, officialhein ternyata terlihat jarang bermain untuk Ardent Allegiant dan tampak lebih fokus dalam peran sebagai manajer tim. Di tangannya, Ardent Allegiant menjadi salah satu tim yang disegani di region Asia Tenggara, bersanding dengan guild Infamous yang juga sangat mendominasi region Asia Tenggara. Persaingan sengit pun selalu terjadi di turnamen Tesseract League antara Ardent Allegiant dan Infamous yang berisikan spaghetti, FirmSwift (a.k.a Quartevois) dan DeftQ.

 

Namun sayang, roster Singapura Ardent Alligiant hanya bertahan dua musim kompetitif saja yaitu di musim Spring 2016 dan Summer 2016. Memasuki Tesseract Summer Season, Ardent Allegiant mulai memasukkan roster yang dipenuhi oleh pemain Indonesia yang terdiri dari RiggsRiggs, Mingz, officialhein, iLoC dan Nielz.

Prestasi para pemain Indonesia ini sangat menjanjikan, mereka berhasil lolos sampai 8 besar di Tesseract League Autumn Season yang menjadikan mereka sebagai tim Indonesia satu satunya yang bisa bertahan sampai babak tersebut. Di turnamen skala nasional, hampir semua turnamen disapu bersih oleh mereka – salah satunya adalah juara dan peringkat 2 di acara World of Gaming Vainglory Competition Jakarta.

 

Belum lama berkecimpun di region Asia Tenggara, Ardent Esports ternyata harus hengkang dari region Asia Tenggara karena peraturan yang dikeluarkan oleh Super Evil Megacorp – dimana satu organisasi Esports hanya boleh memiliki satu tim kompetitif saja di dunia. Peraturan ini memaksa Ardent Esports harus melepas cabang tim mereka di Asia Tenggara dan mempertahankan tim inti mereka di Amerika Serikat. Inilah yang menjadi asal mula ELITE8 eSports terbentuk.

Heinrich “officialhein” Ramli dan ELITE8 eSports

ELITE8 eSports yang dibangun oleh officialhein dengan anggota yang masih sama dari Ardent Alligiant juga secara cepat muncul di permukaan atas dari ajang kompetitif Vainglory Indonesia maupun Asia Tenggara. Menjadi salah satu perwakilan Indonesia di ajang VG8 SEA, ELITE8 eSports berhasil masuk jajaran tim terbaik – meskipun mengakhiri liga di posisi tiga dibawah Impunity dan Infamous pada musim Spring 2017.

Hal mengejutkan terjadi saat VG8 SEA Live Championship Spring 2017 di Manila. ELITE8 eSports yang datang sebagai unggulan ketiga secara mengejutkan berhasil mengandaskan perlawanan Impunity di babak final – menjadikan ELITE8 eSports menjadi tim pertama Asia Tenggara yang mengamankan tiket 2017 Vainglory Worlds Championship. Tim saat itu sudah berisikan officialheinHundJaegersAnimeSaveMe, dan iLoC.

ELITE8 eSports pun cukup konsisten menjalani turnamen setelah menjadi juara di Manila. Mereka mampu menjadi tim terbaik Indonesia secara konsisten baik di Indonesia maupun di kancah Asia Tenggara. Meski gagal menjadi yang terbaik di VG8 SEA Live Championship Summer 2017 Jakarta dan gagal lolos dari fase grup 2017 Vainglory Worlds Championship, ELITE8 eSports nyatanya tetap mampu memberikan permainan terbaik dan menjadi contoh teladan bagi penggemar dunia Esports Indonesia.

Tahun 2018 ini pun akan menjadi langkah baru bagi ELITE8 eSports, terutama dengan kepergian AnimeSaveMe dan pensiunnya officialhein dari dunia kompetitif. Meski begitu, nampaknya sang anak Medan ini akan punya rencana besar bagi ELITE8 eSports tahun 2018 ini – kita nantikan saja ya!

DEIPNO

Gamers Enthusiast

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: