LIGA1PES

Belum Maksimal, Timnas U-16 Terhenti di Perempat Final AFC 2018.

Keinginan pendukung timnas Indonesia melihat tim Garuda bermain di Piala Dunia tampaknya lagi-lagi harus tertunda. Performa impresif timnas U-16 sepanjang turnamen akhirnya terhenti oleh Australia dengan skor 3-2 pada babak perempat final AFC Cup 2018 di Malaysia, dan mereka pun harus menahan mimpinya untuk lolos ke Piala Dunia U-17 tahun depan di Peru.

Tim asuhan coach Fakhri Husaini ini sejatinya membuka asa terlebih dulu di babak pertama. Sempat ditekan di awal-awal pertandingan, Indonesia malah berhasil mencuri gol lebih dulu pada menit 16 melalui tendangan keras mendatar yang dilepaskan oleh Sutan Diego Zico yang gagal dibendung oleh kiper Australia, Adam Pavlesic. Bahkan setelah gol tercipta, David Maulana dkk semakin percaya diri dan sempat membuat beberapa peluang lewat kecepatan Supriadi, M. Yudha dan Zico, namun sayang finishing touch mereka kurang baik dan gagal menambah keunggulan Indonesia.

Courtesy of Tribun Kaltim

Di awal babak kedua tepatnya menit 50, Australia berhasil menyamakan kedudukan melalui skema set piece. Adalah Sandy Walsh yang berhasil memanfaatkan keunggulan postur tubuhnya untuk memperdaya kiper Indonesia yang dijaga oleh Ernando Bagas, 1-1 kedudukan imbang. Gol tersebut seolah-olah menjadi titik balik The Young Socceroos. 15 menit setelahnya, Australia berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat kaki Adam Leombruno. Bek sayap berkaki kidal tersebut berhasil memanfaatkan kelemahan pertahanan Indonesia lewat skema serangan balik yang dibangun oleh Birkan Kirdar. Stamina pemain Indonesia yang mulai habis tampaknya berhasil dimanfaatkan betul oleh para pemain Australia. Pada menit ke 76, striker andalan mereka, Noah Botic berhasil memperlebar skor atas Indonesia dengan aksi individualnya. Indonesia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 melalui aksi pemain pengganti, Rendy Juliansyah, pada menit 88 setelah memanfaatkan kelengahan pertahanan Australia. Di sisa waktu yang ada, timnas Garuda gagal mencetak gol penyama kedudukan dan mereka pun harus menunda mimpi mereka untuk tampil di Piala Dunia U-17 2020 di Peru.

Susunan Pemain :

Indonesia U-16

Ernando Bagas (GK); Komang Teguh, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha, Bagas Kaffa; David Maulana (C), Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Sutan Diego Zico, Mohammad Supriadi, Bagus Kahfi.

Pelatih : Fakhri Husaini

 

Australia U-16

Adam Pavlesic (GK); Jordan Courtney-Perkins, Adam Leombruno, Jordan Bos, Tom Lambirs; Daniel Walsh, Ryan Teague (C), Birkan Kirdar, Luke Duzel; Joseph Roddy, Noah Botic.

Pelatih : Trevor Morgan

 

luckymaarif

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: