LIGA1PES

Timnas PES Jepang Berjaya di Ajang eSports Asian Games 2018!

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang telah resmi berakhir dan ditutup pada tanggal 2 September 2018. Indonesia berhasil mendapatkan total 98 medali yang diantaranya 31 Emas, 24 Perak, dan 43 Perunggu. Untuk cabang eksibisi esports sendiri, Indonesia berhasil menyabet total 2 medali yang masing-masing adalah 1 emas dari game Clash Royale oleh Ridel Sumarandak dan 1 perak dari Hearthstone oleh Hendry Handisurya.

Di kategori PES 2018, medali emas akhirnya berhasil dibawa pulang oleh tim Jepang setelah berhasil mengalahkan tim Iran di partai final dengan skor 2-1. Jepang yang diwakili oleh Naoki Sugimura (Sofia) dan Tsubasa Aihara (Leva) ini berhasil melaju dengan sempurna dalam perjalanannya ke babak final. Bertarung dengan format best of three, mereka dengan mudah mengalahkan lawan-lawan mereka di babak grup yaitu Indonesia, Vietnam, dan India dengan masing-masing 2 set langsung (2-0) sehingga mereka berhak lolos sebagai juara grup B. Pada babak semifinal, Jepang sudah ditunggu lawan berat yang juga runner-up grup A, Malaysia. Seolah-olah tidak ingin kehilangan momentum, Jepang langsung tancap gas dan menekan Malaysia dari awal hingga akhir pertandingan, sehingga partai tersebut berhasil dimenangi oleh Jepang juga masih dengan 2 set langsung.

Jalan mudah menuju final juga dilalui oleh Iran. Tim yang diwakili oleh Hassan Pajani dan Reza Nobakhtsarkandi tersebut berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka di grup A yaitu Malaysia, Kazakhstan, dan Hongkong dengan 2 set langsung, sehingga mereka juga berhasil lolos grup A dengan status sebagai juara grup. Di partai semifinal, mereka harus berhadapan dengan runner-up grup B yang juga salah satu tim terkuat di Asia Tenggara, Vietnam. Sempat tertinggal di set pertama 1v1, Iran berhasil comeback di set kedua dan ketiga, sehingga mereka berhasil lolos ke babak final dengan skor 2-1.

Di babak final, kedua tim baik jepang maupun Iran bermain sangat hati-hati. Iran sejatinya dapat unggul di set pertama setelah secara mengejutkan Sofia harus mengakui keunggulan Hassan, 1-0 untuk Iran. Di set kedua, Jepang memiliki taktik “unik” sebelum pertandingan yaitu menggunakan klub Liverpool yang selama turnamen menjadi andalan dari tim Iran di kategori 2v2. Karena dalam satu pertandingan kedua tim tidak boleh menggunakan tim yang sama, maka tim ditentukan dengan coin toss. Iran yang kalah coin toss secara terpaksa harus menggunakan klub Barcelona. Di set tersebut, taktik jepang terbukti berhasil, dan mereka berhasil merebut set tersebut, 1-1 skor pertandingan. Di pertandingan ketiga yang juga set penentuan, Leva yang merupakan pemain termuda di turnamen berhasil bermain dengan tenang dan berhasil mengalahkan Reza yang juga pernah berlaga di PES World Tour 2016.

Dokumentasi internal.

Untuk perebutan medali perunggu, Vietnam berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor ketat 2-1. Sempat tertinggal di set pertama, tim Malaysia yang diwakili Mohamad NorHaikal bin Mohamad Noh dan Muhamad Khairul bin Abdul Azis berhasil memenangkan pertandingan set kedua dan memaksa Vietnam yang diwakili oleh Le Doanh Tanh Tam (FigoVn) dan Do Thai Thien Puc (ThienPuc1191) memainkan set ketiga. Di set penentuan tersebut, FigoVn berhasil bermain dengan baik dan berhasil mengkandaskan langkah Muhamad Khairul.

Sedangkan tim Indonesia yang diwakili oleh Setia Widianto dan Elga Cahya Putra gagal memenuhi ekspektasi dan hanya mampu finish ketiga di babak grup. Mereka hanya mampu mendapatkan poin setelah mengalahkan tim India dengan skor 2-0. Di sisa pertandingan, mereka harus mengakui keunggulan Jepang dan Vietnam sehingga harus merelakan 2 slot babak semifinal diambil oleh kedua Negara tersebut.

Dokumentasi internal.

luckymaarif

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

%d bloggers like this: